Myanmar: Q&A

Mingalabar

Tidak ada habisnya jika membicarakan Myanmar. Saya menghabiskan total liburan akhir tahun 2017 selama 12 hari. Selama 9 hari saya berada di Myanmar dan 3 hari di Kuala Lumpur, rasanya seperti mere-charge tenaga saya, setelah bekerja selama 12 bulan. Myanmar bagi saya adalah laidback holiday, leyeh-leyeh gitu. Berikut Q&A bagi yang penasaran dengan cerita saya.

Q: Apakah passport Indonesia membutuhkan visa untuk masuk ke Myanmar?
A: Tidak. Pemegang passport Indonesia dijinkan tinggal selama 14 hari


Q: Kenapa memilih Myanmar sebagai destinasi liburan akhir tahun? kenapa gak Kamboja atau Vietnam?
A: Kedua negara tersebut saya sudah pernah

Vietnam

Kamboja





Q: Solo travelling atau Group travelling?
A: Solo travelling dari Jakarta dan selama di Myanmar, kecuali pas di Bagan, gue jalan-jalan bareng Karen Zao dari China, karena kita roomate.



Q: Myanmar bukannya lagi konflik yah?
A: Iya, tenang aja, pemerintah Myanmar berusaha menjaga konflik tsb tidak keluar wilayah Rakhine 

Q: Negaranya aman gak sih?
A: Aman kok, terbukti gw balik in one-piece

Q: Murah atau mahal kalo jalan-jalan ke Myanmar?
A: Murah kok, selama di sana gw habis USD140, udah termasuk makan enak, transportasi, sewa e-bike dan oleh2.

 

Q: Orang-orangnya bagaimana?
A: Mereka baik banget, hari pertama gw sampe, gw jalan-jalan sendiria, dan keder mo balik ke hotel, trus gw buka peta (iya peta, karena gw gak beli nomer Myanmar heeheeh jangan ditiru yah) trus gw disamperin sama Bapak "Do you need help? Yes! I'm lost, trus gw dikasih tau jalannya, padahal mah gak jauh dari hotel gw. Trus yah perjalanan bus dari Yangon ke Bagan gw naik bus yang orang lokal naik, gw duduk disebelah Ibu2 Burmese, baik baik itu Ibu, mau ke toilet ngajak gw dan nungguin gw (oia dia ngajak gw dengan bahasa tubuh) trus pas busnya berhenti lama buat istirahat, si Ibu nawarin gw makan malam, dia sampai cari pelayan yang bisa bahasa melayu, tapi gw tolak, karena udah malem banget, takut mules. Dan dia juga nawarin jeruk, lagi..lagi gw tolak. Ternyata menolak pemberian itu tidak sopan di budaya mereka.


Q: Hal yang menarik dari Myanmar khususnya Yangan dan Bagan apa?
A: 
1. Yangon, setelah banyak baca blog orang-orang, katanya Yangon kaya Indonesia jaman dulu, pendapat gw sih B aja. Airportnya bagus, bus ada yang bagus ada yang jelek juga, samalah ma Indonesia. Ongkos bus murah banget, naik bus cuma 2000 dan itu AC, jajan es semacen es cendol cuma goceng. Makan nasi Briyani cuma 50rb. Yang mahal cuma masuk Sule Pagoda Rp.40,000 dan Swedago Pagoda Rp. 100,000. Jajan roti sejenis Tous Le Jours harganya dibawah Rp.10,000. 



2. Bagan, lo kaya masuk ke dimensi yang berbeda, biasanya lo liat gedung tinggi, di Bagan lo liat pagoda dan Stupa. Ibarat kata lo akan overdose sama Pagoda dan Stupa. Karena hari-hari lo cuma hunting sunrise dan sunset.










oia mereka sehari-hari memakai Longyi sejenis sarung gitu, bagi cowok-cowok Burmese, kerja atau hangout di mall mereka pake Longyi, bahkan pegawai KFC pake Longyi. Nah khususnya ceweknya mereka juga pake Longyi khusus cewek, tapi ada lagi yang unik, mereka memakai Thanaka diwajah mereka, sejenis bedak dingin untuk mengurangi panas matahari. Mereka memakai juga klo jalan jalan ke Mall atau selfi hehehehehe kalo gw udah pasti Malu to the Max


Q. Terus di Yangon dan di Bagan ngapain aja?
A: Kepo deh lo...just kidding, di Yangon gw jalan-jalan ke Taman Mahabandula Park, Sule Pagoda, Swedagon Pagoda, dan ke Bogyoke Market (postingan menyusul) dan jalan-jalan gak jelas sisanya, weits jangan salah pas jalan jalan gazebo itu gw nemu tukang kue yang enakd dan murah. oia ada adegan lucu, pas Gazebo, gw udah laper banget, ke mall udah jauh (dijamin Halal) lalu gw memutuskan makan di pinggir jalan,yang mana ada menu B2 juga hehehe trus ada ibu-ibu jilbab ngeliatin gw, haahahah gw tutup aja kepala gw pake topi (jangan ditiru yah). Pas di Bagan, karena gw sewa e-bike buat 3 hari, jadi pagi pertama sampe hari terakhir,gw hunting pagoda dan stupa bareng Karen, berkat Karen gw bisa keliling Bagan, kenapa? karena dia punya paket internet. Saran gw kalo ke Bagan enaknya bareng-bareng temen, pagi pertama aja gw garing banget, untung ada Karen.






Q: Emang enak solo travelling?
A: klo gw ada pasangan pasti gw pergi ma pasangan gw haahahhahahaha tapi seru kok, lo bisa jadi diri sendiri and find yourself. Dan gw bisa ketemu Karen dari China dan muter-muter Bagan. Pas Tahun Baruan di Yangon ketemu couple, Kevin dan Sandra dari Jermand dan Kanada dan Danil dari Inggris yang kata dia, dia males banget ketemu orang Inggris pas liburan. 


SOLO TRAVELLING IS ADDICTED

Q: Total biayanya berapa?
A: Rp.6,189,138 (termasuk hotel di KL, karena dari Yangon gw mampir 3 hari di KL) gw pribadi sih, gw bilang murah, mengingat akhir tahun, semua orang mau liburan

NO. SUBJECT  IDR   MYR  USD Kyat Remarks
ACCOMODATION
1 Backpacker Bed & breakfast Yangon 2 Nite     196,292 14.03 paid by CC on 13 Dec 2017
2 Northern Breeze Guest House Bagan 2 Nite     415,667 29.16 paid by CC on 18 Dec 2017
3 Min Galar Par Hostel Yangon 2 Nite     179,341 12.60 paid by CC on 25 Dec 2017
4 Le Ruiz Boutique KL 2 Nite     442,547       129.03 paid by CC on 5 Dec 2017
TRANSPORTATION
FROM TO
4 JAKARTA KUALA LUMPUR     537,300 paid 
5 KUALA LUMPUR  JAKARTA     706,045       214.93 paid 
6 KUALA LUMPUR  YANGON  1,413,046       443.10 paid 
8 Taxi (Home-Airport-Home)     201,000
9 YANGON AIRPORT HOTEL 10,000
10 HOTEL  YANGON AIRPORT 7,000
11 HOTEL  AUNGMILAR HIGHWAY
TERMINAL
1,000
12 AUNGMILAR HIGHWAT
TERMINAL
HOTEL 0
13 BUS YANGON Mandalarminn BAGAN 17,000
14 BUS BAGAN Mandalarminn YANGON 25,000
15 NYAUNG U TERMINAL HOTEL 7,000
16 HOTEL  NYAUNG U TERMINAL 0
17 EBIKE  3 DAYS 21,000
18 YANGON CIRCULAR TRAIN 0
19 SWEDAGO 10,000
20 SULE PAGODA 4,000
21 Zone fee foreigners valid 5 days. 25,000
22 MEALS @2500 82,790
TOTAL  4,091,238 55.79 209,790
TOTAL IN IDR  4,091,238 2,097,900                             6,189,138



Semoga bermanfaat

“Traveling – it leaves you speechless, then turns you into a storyteller.” – Ibn Battuta



Comments

Popular Posts